Pariwisata

Meskipun minim wisata alam, namun Kecamatan Wiradesa tetap memiliki banyak potensi yang dapat digali sebagai destinasi wisata, diantaranya wisata belanja, wisata budaya, dan juga wisata religi.

Berikut ini beberapa lokasi wisata yang ada di Kecamatan Wiradesa :

  1. International Batik Centre & Craft (IBC & Craft)

IBC & Craft merupakan pusat perdagangan batik yang berlokasi di jalur pantura wiradesa Alamat Lengkap International Batik Center Jl. A. Yani (Raya Wiradesa) No. 573, Pekalongan PO Box 9 PKL, 51152 Tel: 62-285 4416958.

IBC merupakan pilihan tempat wisata belanja yang nyaman karena didukung dengan berbagai fasilitas penunjang antara lain sarana ibadah, area wisata kuliner, ATM, pendopo yang bisa digunakan untuk penyelenggaraan acara juga ditunjang dengan tempat parkiran yang luas.

      2. Kampung Batik Kemplong

Desa Kemplong terletak kurang lebih 50 meter dari jalan raya pantura dengan luas wilayah 43,947 Ha. Letak Desa Kemplong sangat strategis karena berada pada posisi perempatan antara Wiradesa – Kajen dengan Jalan Pantura Pekalongan – Pemalang. Di Kampung Batik Kemplong kita bisa menjumpai banyak pengrajin batik dan toko-toko yang menjual pakaian dan hasil kerajinan dari batik.

Kampung Batik Kemplong merupakan cikal bakal dari batik pesisir di daerah Pekalongan yang sudah sangat terkenal.  Namun, walau belum dapat dibuktikan keilmiahannya, tetapi berdasarkan cerita para pendahulu dan keterangan beberapa tokoh masyarakat ataupun tokoh pengusaha batik di Desa Kemplong, dapat dikisahkan bahwa asal mula desa Kemplong diambil dari kata “ngemplongi” yang bermaksa “tindakan seorang pembatik memukul-mukulkan kain batik agar hasilnya menjadi lebih halus”. Hampir 60% masyarakat Desa Kemplong bekerja sebagai pengrajin batik, buruh batik, maupun pedagang batik. 

Kampung Batik Kemplong ini diresmikan oleh Menteri Perdagangan dan Ekonomi Kreatif pada 30 April 2009 waktu itu, Mari Eka Pangestu.

     3. Kolam Renang Banyu Biru

Kolam renang banyu biru adalah tempat wisata air yang beralamat di Jalan KH. A. Wahid Hasyim No. 104 Desa Kemplong Wiradesa Pekalongan.

Close
Close